Tips Agar Terhindar dari FLU

Grosir Tas Branded – Flu, demam dan batuk seolah menjadi “musuh utama” saat cuaca mulai tak menentu. Ketiga penyakit itu kerap mendekat ketika daya tahan tubuh menurun. Karena itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap tinggi saat cuaca cenderung cepat berubah.

Tapi, bukan berarti Anda harus tiba-tiba mengonsumsi banyak vitamin dan obat-obatan, yang justru bisa berakibat tubuh semakin imun pada obat-obatan, dan membuat Anda harus mengonsumsi dosis obat lebih tinggi. Lakukan saja kegiatan-kegiatan berikut :

1. Kaus kaki

 

Saat kaki kedinginan, otak akan meminta tubuh untuk menghemat panas dalam tubuh Anda. Lalu, otak meresponnya dengan mengirimkan pesan untuk mengurangi aliran darah ke daerah yang kehilangan panas dengan cepat, seperti sepaput lendir dari sinus. Penurunan aliran darah inilah yang menurunkan aliran sel darah putih dalam melawan infeksi, sehingga tubuh menjadi rentan terhadap virus. Karena itu, lindungi kaki dengan kaus kaki saat suhu udara mulai menurun. Agar aliran darah dalam tubuh tetap terjaga.

 

2. Air Garam

 

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan pernah menemukan bahwa berkumur dengan campuran garam setengah sendok teh dan setengah gelas air minimal sepuluh detik setiap dua kali sehari, dapat mengurangi risiko infeksi virus hingga 34 persen. Hal tersebut dikarenakan garam merupakan antiseptik alami.

 

3. Olahraga ringan

Tak harus selalu ke gym jika Anda hanya ingin berkeringat. Lakukan saja aktivitas fisik selama 15 menit setiap hari. Ini bisa membantu Anda menekan risiko flu hingga 50 persen. Sebab, olahraga teratur dapat merangsang otak memproduksi lebih banyak serotonin, dopamin dan hormon pertumbuhan manusia.

 

4. Minum Teh

Mulai sekarang, ganti konsumsi kopi Anda dengan teh hitam. Sebab, konsumsi teh hitam dapat membuat tubuh menghasilkan interfon atau protein yang bekerja untuk menghancurkan virus dalam tubuh, tiga kali lebih banyak dibanding mereka yang tidak mengonsumsi teh. Dr Peeke menekankan hal ini juga terjadi karena teh bisa bertindak sebagai antioksidan alami.

 

5. Tidur Cukup

Menurut dr Pamela Peeke, MD, asisten profesor kedokteran klinis di University of Maryland School of Medicine, Baltimore sekaligus penulis buku “Fit to Live: The 5-Point Plan to Be Lean, Strong and Fearless for Life”, tidur adalah waktu utama antibodi dalam melawan infeksi dan peradangan alami.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s